Apakah Covid-19 atau Corona Virus itu?

Di penghujung tahun 2019 kita dikejutkan oleh sebuah kejadian mewabahnya satu jenis virus, tepatnya di kota Wuhan, Tiongkok. Kemudian dalam dua bulan saja sudah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia. Betapa dahsyatnya kejadian ini, sehingga mampu mengubah pola kehidupan manusia di bumi ini. Lalu, sebetulnya apa itu Corona Virus?

Corona virus (CoV) adalah keluarga besar virus penyebab penyakit mulai dari flu hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV).

Asal Mula dan Penyebaran Virus Corona dari Wuhan ke Seluruh Dunia

Penyakit Corona Virus atau COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang paling baru ditemukan, dan mulai mewabah di kota Wuhan, Tiongkok.

Penyakit jenis baru ini, sebelumnya belum pernah diidentifikasi pada manusia. Sedangkan Virus corona ini merupakan zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia.

Tanda-tanda Umum dan Gejala Terjangkit Corona Virus

Tanda-tanda yang umum pada seseorang yang terjangkit virus ini diantaranya adalah infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas.
Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.


Bagaimana Corona Virus menular?

PENJELASAN Lengkap Tentang Virus Corona COVID-19, Dari Gejala, Ciri-ciri, hingga Cara Mencegah


Dikutif dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, terdapat lima cara penularan virus corona dari manusia ke manusia lainnya, yaitu:

  1. Transmisi dari cairan: air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin.
  2. Transmisi dari udara: virus corona bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Cara ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya.
  3. Transmisi kontak: virus dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh atau mengenai selaput lendir.
  4. Transmisi dari hewan: orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut.
  5. Kontak dekat dengan pasien: keluarga, orang yang tinggal serumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien rentan untuk tertular.


Hentikan Penyebaran Corona Virus di Lingkungan Kita

Pencegahan Dimulai dari Diri Kita

Gejala dan pencegahan Virus Corona (Coronavirus) Covid-19.

Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Pencegahan di Lingkungan Tempat Kerja

Panduan mencegah corona



Sumber :
https://katadata.co.id/infografik/2020/03/03/panduan-mencegah-penyebaran-virus-corona-di-tempat-kerja

https://medan.tribunnews.com/2020/03/20/penjelasan-lengkap-tentang-virus-corona-covid-19-dari-gejala-ciri-ciri-hingga-cara-mencegah

https://www.suara.com/health/2020/03/14/100136/wajib-baca-redam-corona-covid-19-ikuti-protokol-kesehatan-dari-pemerintah

Comments

  1. Tulisan yang bagus...
    Lanjutkan terus buat karya tulisnya.
    Candra Taufik
    https://www.ctaufik.web.id

    ReplyDelete

Post a Comment